Friday, June 8, 2018

Hello, brides and grooms to-be!

Ada beberapa pembaca yang bertanya ke gue, "apakah biaya sewa gedung sudah termasuk dekor?". Jawabannya adalah...... "tentu saja tidak". Yak sayang sekali memang, dekor ini malah bisa lebih mahal dari biaya sewa gedungnya itu sendiri ahaha.

Karena itu, gue terinspirasi buat bikin artikel ini yang membahas tentang 'Biaya apa aja sih yang biasa dikeluarkan buat pesta pernikahan? Apa yang termasuk dan tidak termasuk dalam biaya-biaya itu?'. Yuk mari kita bahas.

1. Venue

Wedding Venue
Sampoerna Strategic Square - Venue impian tapi sayang tidak bisa jadi kenyataan
http://www.sampoernastrategicsquare.com/gallery

Kalau kamu mau menikah di gedung/hotel/resto atau apapun itu (alias bukan di rumah), ini udah pasti yes. Untuk gedung biasanya mereka cuma kasih harga untuk sewa gedung aja plus charge listrik, kebersihan dan lain-lain. Ga termasuk dekor, catering dan sebagainya. Tapi biasanya si gedung ini punya rekanan vendor-vendor yang bisa memberi kamu harga paket catering + dekor ataupun bisa pilih vendor terpisah untuk dekor dan catering.

Sementara kalau hotel atau resto biasanya sewa tempat udah paket sama cateringnya. Dekor kadang udah paket kadang terpisah.

Untuk harga di Jakarta, gedung biasanya lebih murah daripada hotel, tapi juga tergantung lokasi. Misal kamu bandingin harga sewa gedung di Sudirman sama harga sewa hotel di Manggadua ya tetep mahalan gedung di Sudirman. Range harga sewa aula di daerah Sudirman udah 100 juta keatas buat sewa TEMPATNYA AJA, belum termasuk ini dan itu (menurut riset gue sendiri waktu cari-cari gedung).

2. Catering

Cake corner DTC Dwi tunggal citra
Cake Corner - DTC

Nah ini hal kedua yang harus kamu siapin setelah nentuin venue alias gedungnya, karena biasanya harga catering tergantung gedung yang kamu pilih. Semakin mahal harga gedung semakin mahal pula harga cateringnya. Kenapa begitu? Karena gedung mengenakan charge sewa lagi ke catering entah mengapa... Padahal kita udah bayar ya sewa gedungnya ahaha. Tapi yah begitulah kenyataan yang harus kamu hadapi dan semakin mahal gedung yang dipilih, biasanya semakin mahal juga dia mengenakan charge ke catering dan itu semua ujung-ujungnya dibayar lagi sama KITA, consumer.

Catering ini biasanya yang paling mahal diantara yang lain-lain. Walaupun kamu bisa pilih range catering dari yang murah sampe yang mahal, tapi percayalah semurah-murahnya dia akan menghabiskan lebih banyak biaya daripada hal-hal yang lainnya. Dalam kasus gue sendiri catering ini satu-satunya vendor yang menghabiskan uang hingga ratusan juta. Jadi siapkan batin plus kantong untuk bayar vendor yang satu ini ahaha.

Jangan lupa juga siapkan makanan untuk acara akad nikah / pemberkatan, karena biasanya dilakukan di waktu yang berbeda atau ada jeda. Kasian nanti tamu kamu yang udah pada dateng akad/pemberkatan pada bengong-bengong kelaparan nungguin resepsi mulai kalau ga dikasi makan.

Kalau mau tau lebih lanjut tentang catering (porsi, harga, bonus), silahkan baca artikel gue yang ini.

3. Dekorasi

Janur Kuning Decoration wisma antara wedding adhiyana
Janur Kuning Decoration

Setelah venue, kamu harus persiapkan untuk dekorasi. Sesuaikan dengan budget kamu. Kalau cuma mau yang biasa-biasa aja bisa pilih yang murah (kayaknya gue pernah liat yang harga 10jutaan kebawah). Mau bagusan dikit bisa pilih yang menengah (harga 30-60jutaan). Mau yang mahal juga banyak. Kalau yang mahal harganya ga terhingga sih, kamu mau habisin 1 milyar sendiri buat dekor juga bisa tergantung mau dekorasi yang kayak apa. Mungkin kamu mau pelaminannya bertabur emas permata ahahaha, who knows?!

Tapi lagi-lagi, harga dekorasi ini juga bergantung kepada venue yang kamu pilih. Untuk dekorasi yang sama di gedung A harganya bisa beda dengan di gedung B karena charge gedung yang sudah gue sampaikan tadi.

Gue sendiri dulu lebih pilih yang menengah aja, Janur Kuning namanya. Kamu bisa klik disini untuk lihat-lihat hasil karyanya. Menurut gue segitu udah memuaskan banget sih.

Vendor dekorasi biasanya juga menyediakan bunga-bunga yang dibutuhkan untuk pernikahan kamu, misal corsage, hand bouquet atau kelopak mawar buat ditabur-tabur. Bisa jadi itu semua udah termasuk di paket yang mereka kasih, atau bisa juga kamu minta sebagai bonus.

4. Baju dan makeup

Baju akad nikah pernikahan wedding clothes


Untuk baju dan makeup pengantin sebaiknya pilih vendor-vendor yang udah menyediakan sepaket biar ga ribet. Soalnya semakin banyak vendor semakin sulit kamu managenya. Untuk mempelai pria bisa sewa di tempat yang sama atau jahit sendiri. Harga juga amat bervariasi tergantung brand bajunya. Harga sewa yang menengah kira-kira 12-20jutaan per paket (paket sudah termasuk baju bride, groom, bride's maids dan makeup untuk beberapa orang).

Selain yang disebutkan diatas, jangan lupa untuk siapin biaya beli sepatu untuk mempelai pria dan wanita. Baju dan makeup buat ayah, ibu, adik dan kakak dari kedua mempelai. Baju untuk flower girls and boys bila ada. Juga, baju dan makeup untuk para penerima tamu/penjaga angpao. Bisa ditambah juga seragam untuk keluarga besar atau teman dekat.

5. Photography

Wisma Antara Auditorium Adhiyana pernikahan
Foto hari-H

Photography disini menyangkut foto pre-wedding dan foto saat acara. Kadang ada beberapa vendor baju yang nyediain photography sepaket, tapi jujur menurut gue sih hasilnya kurang oke, mendingan cari vendor foto sendiri. Cuma enaknya kalau foto pre-wed udah sepaket sama vendor baju, kita suka dikasih gratis sewa baju buat foto pre-wednya.

6. Entertainment / Hiburan

wedding entertainment
https://www.bridestory.com/id/david-entertainment/projects/mini-orchestra-brass-section

Yang satu ini seinget gue juga bergantung sama venue yang kamu pilih, karena mereka kena extra charge juga dari venue. Harga amat bervariasi. Waktu jaman gue (2016) sih untuk bisa dapet 1 piano, 1 saxofon dan 1 penyanyi plus 1 MC dan sound system kisaran harganya 10-15jutaan. Satu saran, jangan takut buat nawar!

7. Undangan

Vintage royal victorian wedding invitation undangan

Menurut gue undangan ini penting sebagai kesan pertama. Jadi pilihlah yang kulitas menengah tapi jangan terlalu mahal, sayang soalnya dibuang juga akhirnya. Gue sempet liat-liat beberapa vendor dan harganya variatif banget. Mulai dari 1000 rupiah saja sampe puluhan ribu perlembar pun ada. Perlu diingat semakin banyak jumlah yang kamu pesan maka semakin murah harga perlembarnya.

8. Souvenir

Unique wedding souvenir suvenir pernikahan unik

Nah ini suka bikin galau, banyak yang lucu tapi harganya maknyus ahaha. Harga buat souvenir ini juga bervariasi banget guys, mulai dari 1000 rupiah juga ada. Sama seperti undangan, si souvenir ini juga semakin banyak belinya semakin murah harga satuannya.
By the way, sebentar lagi gue mau bikin artikel ide souvenir pernikahan yang unik-unik, ditunggu ya!

Nah demikian lah hal-hal utama yang harus kamu siapkan. Praktis sih kalau ambil paket yang udah include semuanya, tapi menurut gue sih terasa lebih memuaskan aja nyari vendor yang 'sreg' dihati satu-satu dan bisa lebih luwes ngatur budgetnya!

Selain hal diatas masih bisa juga ditambah perintilan lain semacam wedding planner/WO, kue pengantin, mobil pengantin dan lain-lain sesuai kebutuhan kamu. Catet setiap hal kecil yang muncul di otak kamu supaya ga lupa, misal biaya JNE buat kirim-kirim undangan ke temen dan keluarga yang jauh-jauh sekalipun. Karena hal-hal yang kelihatannya kecil bisa menjadi besar ketika terakumulasi.

Jangan lupa YANG PALING PENTING siapin uang buat bayar catatan sipil + beli cincin kawin! ahaha

Good luck!

(Other article: Wedding - Dwi Tunggal Citra Catering, Wedding - Wisma Antara Auditorium Adhiyana)






1 comments:

Bagi Bride and Groom to be yang masih bingung mulai dari mana mempersiapkan pernikahan di 2019, kita dari WO HoneyBee Organizer (start 6,5jt) bisa bantu :

* Venue
* Catering
* Dekorasi
* MUA/Rias/Bridal
* Sewa Busana
* Entertainment
* Photography/Videography
* Wedding Organizer dan Wedding Planner
* Undangan
* Sovenir
* Mobil Pengantin
* Hand Bouquet, Coursage(Bunga Dada)
DLL

Mau dengan konsep rustic/vintage, 2D, 2D Kaca, 3D, fairy tale bak royal wedding, glamour, minimalist, garden/outdoor, cherry blossom bahkan konsep pernikahan adat.

Dan yg paling penting semua item diatas sesuai dengan budget yg kamu punya sekarang.

Konsultasikan segera ke 085711091996(WA or call)

Nikah 2020, deal sekarang (2019) supaya nggak kena kenaikan harga! :)

📩 WO.honeybee@gmail.com
IG : @HoneyBee.Organizer
WA : 085711091996
FB : HoneyBee Organizer

REPLY

Pink Cat Diary . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates